Introduction to ASEPHI Award Program

PENGHARGAAN ASEPHI (ASEPHI AWARD PROGRAMS) diberikan dalam rangka memacu kreatifitas seniman perajin (terutama Anggota ASEPHI dalam membuat produk kriya dengan metode tradisional, dengan pola dan tema yang inovatif, dalam upaya melestarikan keanekaragaman tradisi budaya.

ASEPHI mengawali penghargaan untuk produk kerajinan dalam rencana mengikuti program AHPADA bersama UNESCO Asia Pacific pada program SEAL produk kerajinan untuk memperoleh pengakuan “UNESCO Award of Excellence” sebagai produk yang telah memenuhi tingkat kriteria tertinggi produk kriya sehingga dapat dijadikan “benchmark” untuk produk kerajinan lainnya.

Tahun 2001 adalah tahun pertama penganugerahan penghargaan dengan nama “SEAL of Excellence” for Handicraft Product kerjasama UNESCO dengan AHPADA di kawasan Sub-Regional Asia Tenggara (ASEAN), dan INDONESIA mendapat 1 penghargaan atas produk kain Batik Madura milik Ibu HASNAH GASIM. Selanjutnya AHPADA Indonesia [INAC] membentuk Tim Juri Khusus untuk memilih produk untuk dikirimkan ke UNESCO. Karena kesulitan mencari Kriya dan INACRAFT adalah satu-satu ajang berkumpulnya produk kerajinan dari seluruh Indonesia menjadi media dan kesempatan terbaik untuk melakukan pemilihan dan pencarian produk kerajinan yang potensial. Selanjutnya pengurus ASEPHI saat itu Bapak Thamrin Bustami (Sekjen) & Pak Prieyo Pratomo (Bidang Produk) hadir di program pembekalan yang diselenggarakan oleh UNESCO di Bangkok. Dan Tahun 2004 dimulailah persiapan program INACRAFT AWARD untuk kemudian dilaksanakan di INACRAFT 2005. Kemudian 2008 AHPADA Indonesia [saat itu Sekretarisnya Alm. Bapak Sjahroel] keliling Indonesia mensosialisasikan program Segel Unggul Kerajinan berama Kemenperin (Ditjen IKM) dan tahun 2010 AHPADA Indonesia qq ASEPHI dipercaya UNESCO menyelenggarakan AoE tingkat ASEAN dan untuk pertama kali kegiatan dilaksanakan all out diluar Kantor UNESCO Asia Pacific di Bangkok dan nama program menjadi UNESCO Award of Excellence for Handicraft.

Kini ASEPHI memiliki 3 (tiga) program penghargaan yaitu Penghargaan untuk Produk melalui INACRAFT AWARD , Penghargaan untuk Artisan / Perajin/Pelaku Sektor Kerajinan dalam program ASEPHI EMERGING AWARD dan Penghargaan bidang Promosi dalam program BEST BOOTH atau Penghargaan Stand Terbaik di Pameran INACRAFT.